Senin, 20 Juni 2016

Rambut merupakan bagian yang paling sering mendapatkan perawatan. Terlebih bagi wanita. Rambut merupakan mahkota. Tanpa rambut sehat, kepercayaan diri ditidaklah sempurna, apalagi jika ingin tampil diperhatikan jadi "point of view" di depan orang lain. Kesempurnaan dan kecantikan wanita bisa dilihat dari keindahan rambutnya.

Namun sudahkah rambut anda tampak sehat dan anda merasa puas dengan kondisi anda saat ini?

Meski ada banyak "klinik" perawatan rambut yang menawarkan berbagai solusi untuk rambut sehat, namun sebenarnya ada cara sederhana yang bisa anda perhatikan, dan bisa anda lakukan sendiri. Salah satunya adalah dari faktor makanan.


Makanan yang sehat dan bergizi bukan hanya bagus tubuh, namun juga bagus untuk kulit termasuk kulit rambut. Dari berbagai jenis makanan yang anda konsumsi sudahkah anda memperhatikan jenis makanan apa saja yang bagus untuk kulit kepala sehingga rambut anda selalu tampak sempurna?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan untuk rambut sehat di sekitar anda. Ya, makanan yang bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut sehat anda. Beberapa jenis makanan ini bisa anda konsumsi dengan mudah tanpa harus repot mencarinya.

1. Kacang hijau
Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Selain protein nabati, ia juga mengandung mineral lengkap seperti seng, zat besi, fosfor, mangan, selenium,  zinc, dan vitamin B. Kacang hijau juga banyak sekali mengandung vitamin E untuk kesehatan kulit anda.
Dengan seringnya anda mengkonsumsi kacang hijau (misalnya bubur kacang hijau, minuman sari kacang hijau), rambut anda akan jauh lebih sehat dan tidak mudah rontok.
Untuk memdapatkan makanan berbahan dasar kacang hijau tidaklah susah. Ada banyak di sekitar anda.

2. Telor
Telor memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Berdasarkan "nutition facts", putih telur mengandung vitamin A sebanyak 10%, sedangkan pada kuning telur mengandung vitamin A sebanyak 29% (sajian 100gr-diet 2000 kal). Vitamin A selain untuk menjaga kesehatan mata, juga bagus untuk jaringan kulit termasuk kulit kepala.
Telur sangat mudah didapatkan di warung-warung sekitar tempat tinggal anda.
Cara mudah dan asik mengkonsumsi telur adalah dengan merebusnya. Kupas selagi panas dengan bantuan air dingin (air es) untuk mengupasnya, kemudian taburi sedikit garam. Makan selagi panas.

3. Wortel

Lagi dengan vitamin A. Wortel merupakan gudangnya vitamin A pada makanan. Vitamin A yang dialirkan ke kulit kepala akan membantu pembentukan sebum di kulit kepada anda. Sebum merupakan unsur minyak untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat, sehingga rambut anda tidak tampak kusam.

4. Bayam, brokoli, dan selada
Ketiga sayuran tersebut banyak sekali mengandung zat besi. Nutrisi ini sangat penting untuk mencegah rambut rontok. Jika anda kurang akan konsumsi sayuran sebaiknya ubah pola makan anda. Jangan terlalu sering makan fastfood atau junk food karena makanan seperti itu kurang bagus untuk kesehatan termasuk kesehatan kulit dan rambut anda. Perbanyaklah makan serat dari sayuran bayam
 brokoli, dan selada.

5. Anggur ataupun jeruk.
Selain sayuran, buah yang banyak mengandung vitamin C memiliki peranan yang sangat penting bagi kualitas rambut anda. Esensinya vitamin C berguna untuk membantu proses penyerapan zat besi. Jadi saat anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, bagus sekali jika anda juga  mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain anggur dan jeruk, masih ada banyak buah yang juga mengandung vitamin C tinggi.

5. Ikan salmon.

Ikan ini banyak mengandung banyak sekali protein,.omega 3, dan vitamib D. Lemak yang ada pada ikan ini berguna untuk menjaga rambut dari dehidrasi, sehingga rambut anda tetap memiliki kualitas yang sehat, indah, dan bagus.

Itulah jenis makanan, sayuran, dan buah  yang harus anda konsumsi untuk kesehatan rambut anda.

Popular Posts